-->

Perbedaan Pleci Auriventer dan Pleci Buxtoni

Burung pleci kini sudah menjadi idola para kicau mania. Sampai banyak sekali group-group di facebook yang membahas burung pleci. Seperti group fb yang Saya ikuti yaitu Josterops. Di sana banyak sekali suhu yang berbagi informasi seputar cara ternak burung pleci.

Nah kali ini Saya ingin membahas perbedaan burung pleci Auriventer dan pleci Buxtoni.  

Burung Pleci Buxtoni

Pleci buxtoni juga masih salah satu sub-spesies dari zosterops palpebrosuss (oriental white-eye) dengan nama ilmiah zosterops palpebrosus buxtoni. Umumnya buxtoni memiliki ciri hampir mirip dg pleci auriventer yg membedakan garis kuning didada lebih tebal dari pada auriventer dan suara call nya mirip dengan dakun jawa (zosterops palpebrosus melanurus). Pada umumnya body buxtoni sedikit lebih kecil dari pada auriventer. Penyebaranya sumatra, kalimantan dan jawa bagian barat terapi terkadang juga ditemukan di jawa bagian timur.

Gambar Burung pleci Buxtoni.




Burung Pleci Auriventer

Pleci auriventer merupakan salah 1 sub-spesies dari kacamata biasa / oriental white-eye (zosterops palpebrosus), memiliki ciri dengan warna dada putih keabuan dg garis kuning tipis dan suara call khas yang ngebass. Penyebaran kawasan asia tenggara di wilayah  Indonesia pleci auri tersebar di sumatra dan kalimantan, nama ilmiah pleci auri zosterops palpebrosus auriventer.

Gambar Burung pleci Auriventer




Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel