-->

Cara Menaikan Birahi Burung Kenari untuk Ternak

Burung kenari adalah jenis burung yang mudah untuk dijodohkan. Sebab karakter burung kenari mudah untuk dinaikan birahinya, tapi masih banyak juga penghobi kenari yang ingin menangkar kenarinya namun kesulitan dalam menaikkan birahi kenari, padahal sudah berusaha menjodohkan kenari jantan dengan kenari betina. Dan banyak pula  yang malahan mengalami hal yang ekstrim, yaitu burung kenarinya over birahi. Tentu saja hal ini juga akan menjadi masalah sendiri, karena kurang bagus juga bila kenari mengalami over birahi.



Sebenarnya merawat burung kenari adalah hal yang mudah, tapi juga perlu kesabaran dan ketelatenan disetiap harinya, mulai dari memberi pakan, memandikan kenari, menjemur kenari, dan lain sebagainya. Dan harus selalu sabar dalam menghadapi setiap permasalahan yang terjadi pada burung kenari kesayangan anda. Semua peternak kenari juga akan mengalami hal yang sama, sehingga untuk mencapai keberhasilan atau kesuksesan dalam beternak burung kenari, maka diperlukan sebuah proses, dan dalam proses tersebut tentu dengan kesabaran dan semangat dalam merawat kenari dengan sebaik mungkin, tentunya juga harus secara konsisten dan teratur, sebab perawatan burung kenari ada saat-saat di mana penghobi harus tahu waktu yang tepat untuk melakukan kegiatan yang berkaitan dengan perawatan kenari, misalnya harus tahu kapan saat yang tepat untuk memandikan kenari, kapan saat yang tepat untuk memaster kenari, kapan saat yang tepat untuk menjemur kenari, dan lain sebagainya.

Jika berbicara masalah burung kenari yang sedang tidak bernafsu untuk kawin, atau birahinya tidak muncul, padahal sudah didekatkan atau dicampurkan kenari jantan dengan kenari betinanya dalam satu kandang, maka hal ini dapat diatasi dengan trik-trik khusus yang dapat menjadikan burung kenari jantan tersebut birahinya naik. Berdasarkan pengalaman dari pakar burung kenari, bahwa ada beberapa tips yang harus dilakukan dalam menjadikan birahi burung kenari jantan menjadi naik, dan itu bisa anda ketahui informasinya di bawah ini.

Adapun beberapa tips dan cara meningkatkan birahi kenari adalah sebagai berikut:

  1. Kenari yang kurang birahi bisa anda beri pakan tambahan yang mengandung banyak gizi, telur puzuh, dan vitamin.
  2. Pagi hari harus rutin dijemur, supaya burung kenari kesayangan anda tidak stres dan tetap sehat atau tampil prima.
  3. Pada proses penjemuran, bisa anda lakukan dengan trik mendekatkan kandang kenari jantan dengan kenari betina, karena pada masa penjemuran, burung kenari merasa lebih fres dan tentu agar semakin merangsang kedekatan atau kecocokan kenari jantan dengan kenari betina.
  4. Anda juga bisa dengan mendekatkan beberapa burung kenari jantan dengan burung kenari betina, dengan begitu bisa dilihat mana yang lebih cocok.
  5. Buah yang sangat bagus untuk kenari yaitu, pepaya, pisang, apel merah, jeruk dan buah segar lainnya.
  6. Selain buah-buahan dan telur puyuh, telur kroto juga memiliki kadar vitamin dan juga protein yang tinggi, rasa dari telur kroto ini juga sangat lezat, maka dari itu banyak sekali burung yang menyukai telor kroto.
  7. Yang terakhir yaitu makanan utama burung kenari yaitu biji-bijian, bijian mix ini merupakan kumpulan dari sekian banyak biji-bijian yang memang khusus untuk pakan kenari, bijian mix terdiri dari, biji sawi, milet merah dan putih, canary seed, egg food dan campuran lainnya.



Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel