-->

Berapa lama telur burung pleci menetas

Persiapan sebelum beternak burung Pleci

Zosterops merupakan marga penciri burung kacamata, dan memiliki jumlah anggota terbesar. Secara tradisional, genus ini dimasukkan ke dalam suku Zosteropidae; namun berdasarkan kajian filogeni terbaru, bisa jadi kelompok ini merupakan bagian dari suku Timaliidae.

Daerah persebarannya adalah di wilayah tropika Afrika, Asia (Indomalaya), dan Australia bagian utara. Panjang tubuhnya (dari ujung paruh hingga ujung ekor) berkisar antara 8–15cm. Ciri yang paling jelas adalah adanya lingkaran (garis) putih yang mengelilingi mata, meskipun ada beberapa jenisnya yang tidak memilikinya. Nama marganya berasal dari kata Yunani zosterops, yang berarti ”sabuk mata”.

  • Pilih indukan yang benar-benar bersih dari bahan kimia (tanpa doping)
  • Kriteria indukan betina yang baik: minimal berusia 1 tahun, jinak, tampilan fisik bagus, sehat, suara call jernih dan keras, dari keturunan unggulan, dan warna yang cerah.


  • Kriteria indukan jantan yang baik: minimal berusia 1 tahun, jinak, gacor, birahi stabil, sehat, paruh berbentuk lurus tidak melengkung, ukuran kepala besar, leher berisi, dada bidang, ukuran mata cukup besar tidak sayu, bentuk tubuh proporsional, kaki kuat mencengkeram dan berdiri tegak, volume keras, mental bagus (mudah adaptasi), dan daya rekam bagus (bisa menyerap materi masteran).
  • Indukan jantan dan betina sebaiknya berasal dari spesies yang sama agar lebih mudah.
  • Menyiapkan kandang ternak, bisa kandang gantung (ukuran minimal 30 x 30 x 40), kandang soliter, maupun kandang tipe aviary. Penempatan sarang minimal 7 cm dari atap sangkar dan tangkringan diletakkan di bawah sarang. Bagian bawah diberi alas dari karpet talang atau koran. Penempatan sangkar 1-2 meter di atas kepala manusia agar aman dari hewan pemangsa dan tidak terganggu oleh manusia yang lalu-lalang.
  • Menyiapkan sarang sudah jadi yang bisa dibeli di toko burung atau membuat sangkar sendiri. Kalau mau membuat sangkar sendiri, Anda bisa menggunakan kawat ram atau anyaman bambu kemudian diberi bahan sarang seperti serat nanas, kapas, kapuk, rumput kering, atau bahan lain yang halus.
  • Pakan harus bernutrisi dan bergizi, seperti voer lembut yang mempunyai kandungan protein tinggi, jangkrik kecil, ulat hong kong putih atau ulat hong kong kering, ulat kandang, kroto, pisang kepok, nektar, dan buah-buahan lainnya.


Lama telur burung pleci menetas umumnya memakan waktu sekitar 11–12 hari. Saat Betina mengerami telur berikan voor dan buah-buahan yang mengandung karbohidrat dan lemak untuk menjaga stamina burung, kurangi porsi kroto dan ulat hongkong. Apabila sudah menetas dan induk mulai meloloh piyik, perbanyak kroto dan buah-buahan.

Solikin mengaku setiap hari menghabiskan setengah ons kroto apabila ada anakan yang baru saja menetas. Pemberian kroto dan kalsium dirasa cukup membantu pertumbuhan tulang dan bulu anakan pleci yang mulai tumbuh dan berkembang.       

Selain faktor pemberian makanan yang tepat, kunci keberhasilannya juga dipengaruhi oleh faktor-faktor tempat yang tenang, jauh dari koloni pejantan, suhu yang hangat, penerangan cukup, kebersihan pakan, penggantian air, dan pemberian kalsium.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel