-->

Apa itu penyakit Lyme Disease yang diderita oleh Justin Bieber

Penyakit Lyme Disease viral dan menjadi perhatian banyak orang pasca Justin Bieber mengumumkan melalui Instagram bahwa ia menderita penyakit tersebut.
Bahkan, artis ini menyebutkan penyakit ini berdampak serius pada tubuh yaitu memengaruhi kulit, fungsi otak, energi, dan kesehatan secara keseluruhan.
Merujuk wikipedia, penyakit Lyme disease adalah salah satu jenis penyakit menular pada manusia dan hewan dengan perantara (vektor) berupa kutu.
Penyakit ini diberi nama Lyme dari kata Old Lyme, suatu kota di Connecticut dimana kasus ini pertama kali ditemukan.
Penyakit ini disebabkan oleh Borrelia burgdoferi, bakteri dari golongan Spirochetes, dan disebarkan secara luas oleh kutu Ixodes scapularis.
Kutu tersebut umumnya menghisap darah burung, hewan peliharaan, hewan liar, dan juga manusia.
Sedang menurut informasi yang dirilis di aladokter, Penyakit Lyme adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri genus Borrelia sp yang ditularkan lewat gigitan kutu.
Kondisi ini dapat menjangkiti dan mengganggu berbagai sistem organ tubuh.
Melansir Center for Disease Control and Prevention, kutu-kutu penyebar lyme disease merupakan kutu yang sudah terinfeksi bakteri borrelia burgdorferi atau borrelia mayonii.
Sebagaimana dikutip dari kompas, Medical News Today menuliskan, kutu yang paling sering adalah kutu rusa sebagai vector pembawa penyakit ini.
Pada kebanyakan orang, penyakit Lyme bisa sembuh dengan cepat.
Namun, beberapa orang lainnya bisa terus menderita penyakit ini meskipun telah menjalani perawatan. Kondisi ini biasanya disebut dengan Lyme kronis.
Dokter umumnya menggunakan antibiotik sebagai langkah untuk terapi pengobatan.
Penyakit ini umum ditemui di Amerika Serikat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel